RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Satuan Pendidikan : SDN UNESA

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas / Semester : V (lima) / 2 (dua)

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : 3. Memahami kebebasan berorganisasi

Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan pengertian organisasi

I. Indikator

  1. Menjelaskan pengertian organisasi
  2. Menyebutkan ciri-ciri organisasi
  3. Mengidentifikasi pentingnya berorganisasi
  4. Mendaftar macam-macam organisasi yang ada di sekolah

II. Tujuan Pembelajaran

  1. Diberikan konsep dalam buku siswa tentang organisasi, siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi
  2. Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri organisasi
  3. Siswa mampu mengidentifikasi pentingnya berorganisasi
  4. Siswa mampu mendaftar macam-macam organisasi yang ada di sekolah

III. Materi Pokok

Organisasi (pengertian organisasi, ciri-ciri organisasi) (terlampir)

IV. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi
  4. Pemberian tugas

V. Model Pembelajaran : Kooperatif (TPS)

VI. Langkah – langkah Pembelajaran

  1. A. Kegiatan Awal ( 5 menit )

Apersepsi :

  1. Berdo’a sebelum pelajaran dimulai
  2. Guru memeriksa kehadiran murid
  3. Guru melakukan tanya jawab tentang organisasi :

ü Apakah kalian pernah mengikuti organisasi di sekolah ?

ü Menurut kalian apakah ciri-ciri organisasi itu?

Motivasi : Guru menunjukkan media gambar berbagai macam contoh organisasi yang ada di sekolah

B. Kegiatan Inti ( 50 menit )

  1. Guru meminta siswa membuka buku pelajaran PKN yang berkaitan dengan materi “ organisasi ”
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa tentang materi organisasi
  3. Guru memberikan sedikit materi tentang organisasi
  4. Guru membagi siswa kedalam kelompok belajar (1 kelompok terdiri dari 2 orang siswa), kemudian Guru membimbing siswa untuk :

1 Membaca materi tentang organisasi (meliputi pengertian organisasi, ciri-ciri organisasi, dan macam-macam organisasi) yang bersumber dari buku pelajaran PKN (think)

2 Mendiskusikan materi yang telah dipelajari bersama dengan pasangan masing-masing. (Guru memberikan pertanyaan kepada setiap kelompok untuk mendiskusikan tentang pengertian organisasi, ciri-ciri organisasi, dan contoh organisasi) (pair)

3 Mendiskusikan hasil diskusi antar kelompok dengan mempresentasikan hasil diskusi setiap kelompok secara bergantian di depan kelas (share)

4.Guru melakukan evaluasi terhadap hasil diskusi

C. Kegiatan Akhir ( 15 menit )

  1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah di diskusikan
  2. Memberikan tugas rumah mengerjakan soal evaluasi
  3. Guru memberikan hadiah kepada kelompok yang terbaik

VII.Alat dan Sumber Belajar

  1. Gambar – gambar macam-macam organnisasi
  2. Buku teks :

– Buku paket Pkn kelas 5 hal 128-132. Pengarang Sanusi Fattah. 2008. Penerbit CV. Adi Perkasa (Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional)

VIII. Penilaian

  1. Jenis penilaian : tulis
  2. Bentuk instrumen : obyektif dan subyektif

Surabaya, 05 November 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SDN Unesa

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : V / 1

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata / menit, dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar : 3.2 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

Indikator :

– Menyimak contoh pembacaan puisi

– Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat untuk memperjelas arti atau makna puisi.

– Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

– Menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira, dan lain-lain)

A. Tujuan Pembelajaran

– Siswa dapat menyimak contoh pembacaan puisi

– Dari menyimak pembacaan puisi, siswa dapat menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat untuk memperjelas arti atau makna puisi.

– Siswa mampu membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

– Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira, dan lain-lain)

B. Materi Pembelajaran

  • Membaca puisi

C. Model Pembelajaran

  • Pembelajaran langsug

D. Metode Pembelajaran

  • Tanya jawab
  • Demonstrasi
  • Diskusi
  • Penugasan

E. Langkah-langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal (10 menit)
    Apersepsi :
  • Berdo’a sebelum pelajaran dimulai
  • Guru mengabsensi kehadiran siswa
    Guru melakukan tanya jawab tentang puisi

Misal : – siapa yang pernah membaca puisi?

– puisi tentang apa yang pernah kalian baca?

– dsb

Motivasi :

Guru memberi contoh pembacaan puisi yang baik dan benar di depan kelas

2. Kegiatan Inti (50 menit)

    1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    2. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.
    3. Guru menyuruh membuka buku paket bahasa Indonesia pada bab membaca puisi
    4. Guru mendemonstrasikan pembacaan salah satu puisi di buku paket bahasa Indonesia dengan lafal dan intonasi yang tepat, kemudian siswa langsung menirukan membaca puisi dengan benar.
    5. Setiap kelompok berdiskusi untuk menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat pada puisi tersebut untuk memperjelas arti atau makna puisi, agar pembacaan puisi menjadi lebih mudah
    6. Perwakilan setiap kelompok membaca puisi tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat di depan kelas. Kelompok lain menanggapi.
    7. Guru membenarkan bila ada kesalahan dalam pembacaan puisi
    8. Kemudian dengan bimbingan guru, setiap siswa satu persatu membaca puisi tersebut di depan kelas dengan menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira, dan lain-lain)
    1. Kegiatan Akhir (10 menit)
      1. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan tentang cara membaca puisi dengan baik
      2. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik

    F. Alat dan Sumber Belajar

    • Sumber Pembelajaran
    • Buku paket Bahasa Indonesia kelas V SD

    G. Penilaian

    • Jenis penilaian : tes tulis

    tes penampilan (intonasi, lafal dan ekspresi membaca puisi)

    • Bentuk instrumen: obyektif dan subyektif

    Surabaya, 24 November 2009

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: